Renungan GKE

Selasa, 02 Juli 2013

BAGAIMANA ALLAH MENGUBAH NASIB SESEORANG?


Rut 2:1-3

Bagaimana Allah mengubah ‘nasib’ seseorang? Kita dapat mempelajarinya dari kisah kehidupan Rut. Ini bukan kisah Cinderella, ini kisah nyata! Anda dapat diberkati seperti Rut. Kitab Rut menceritakan tentang orang-orang biasa yang menghadapi masalah kehidupan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pindah rumah demi mencari penghidupan yang lebih baik, penderitaan karena kehilangan orang yang dikasihi, perpisahan, keputusan untuk setia pada pihak tertentu, percintaan, pernikahan, serta membentuk keluarga baru.

Semua masalah di atas biasa dialami oleh hampir semua manusia di dunia. Akan tetapi, justru dalam masalah-masalah biasa itulah pesan pro-vidensia (pemeliharaan) Allah sangat nyata dan tersirat secara jelas dalam seluruh kisah dalam kitab Rut ini. Oleh karena itu, “pemeliharaan Allah” merupakan tema utama kitab ini. Pemeliharaan Allah dinyatakan mulai dari hal-hal biasa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari manusia, dan hal itu masih terus Allah lakukan sampai hari ini.

Waktu itu adalah musim menuai dan Rut pergi ke ladang milik Boaz. Ini adalah pengaturan     Allah.  Karena Naomi sudah tua, maka Rut harus mencari nafkah untuk dapat memenuhi kebutuhannya dan mertuanya. Ia mencari pekerjaan. Rut pergi ke situ untuk memungut jelai yang jatuh di belakang penyabit-penyabit. (Rut 2 : 2). Suatu pekerjaan yang rendah. Tetapi Rut bukanlah tipe wanita yang sombong. Ia tidak merasa “turun gengsi” dengan menjadi pemungut jelai. Justru inilah celah di mana ia dapat masuk ke dalam rencana Tuhan.

Saudara, dalam kehidupan ini banyak orang yang menolak pekerjaan dengan upah yang dianggap tidak sesuai dengan titel yang disandangnya, atau membuka usaha yang kecil, padahal siapa tahu itu adalah awal dari rencana Tuhan untuk memberkati kita. Tuhan seringkali mendidik kita dalam hal kerendahan hati, supaya ketika kita diberkati kita jangan menjadi sombong. Rut orang yang rendah hati. Itu adalah hal lain dari dirinya yang dihargai Allah. Dari kisah ini sungguh menguatkan kita di saat kita menghadapi berbagai kesulitan dalam hidup karena Allah bisa memanfaatkan kesulitan-kesulitan tersebut untuk kebaikan kita dan Allah pasti akan membuat segala sesuatu menjadi indah pada waktu-Nya. Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar