Renungan GKE

Selasa, 02 Juli 2013

KEBAHAGIAAN BAGI ORANG YANG MURAH HATI


Rut 4:18-22

Kemurahan hati adalah salah satu sifat seorang Rut. Kemurahan hatinya kepada mertuanya menjadi berkat baginya. Tuhan memberikan berkat kepada Rut melalui  kemurahan hati Boaz. Boaz memperbolehkan Rut untuk tetap memungut jelai di ladangnya. Boaz bahkan memerintahkan para pekerja lelakinya untuk tidak mengganggu dia (Rut 2 : 9). Bahkan Boaz memerintahkan para pegawainya untuk dengan sengaja menjatuhkan berkas-berkas jelai supaya dipungut oleh Rut (Rut 2 : 16). Rut bahkan boleh ikut makan roti bersama-sama dengan para pekerja Boaz dan minum dari tempayan-tempayan yang disediakan untuk para pekerjanya (Rut 2 : 14).

Ketika Rut menikmati kebaikan hati Boaz yang mengundang dia untuk makan bersama dengan para pegawainya, Rut teringat kepada mertuanya di rumah, sehingga ketika ia sudah makan dengan kenyang ia menyisihkan kelebihan makanan yang telah ia nikmati untuk ia berikan kepada mertuanya. Rut senang berbagi dengan orang lain yang berkekurangan. Ia tidak hanya memikirkan dirinya sendiri. Kebaikan hati Rut dan kesetiaannya kepada mertuanya Naomi dan kepada Allah Israel rupanya diketahui oleh orang-orang sehingga kesaksian yang baik itu sampai ke telinga Boaz. (Rut 2 : 11). Ini juga adalah pengaturan Allah. Kesaksian Rut ini membuat Boaz sangat terkesan.

Banyak orang tidak mau bermurah hati dan berbagi dengan alasan mereka sendiri masih hidup miskin dan dalam kekurangan. Mereka tidak mau memperhatikan orang lain karena merasa ia harus memperhatikan kepentingannya sendiri dulu. Padahal, jika kita mau bermurah hati dan berbagi meskipun kita sendiri masih berkekurangan maka kita akan menuai kelimpahan dari Allah. Itulah juga yang dilakukan oleh Rut. Jika ia tidak mau berbagi dengan alasan kemiskinannya, maka tentulah ia akan mati karena kekurangan dan kelaparan. Tetapi ketika ia tetap berbagi dalam kemiskinannya, ia mengalami mujizat dan ia terpelihara dengan sempurna selama masa kesukaran, karena Allah mempahalai kesediaannya untuk berbagi makanannya dengan ibu mertuanya Naomi. Inilah penggenapan janji Allah bahwa orang yang menunjukkan kemurahan akan mendapat kemurahan (Mat. 5:7). Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar