Renungan GKE

Jumat, 16 November 2018

KENAPA DUNIA MEMBENCI ORANG BENAR?




Yohanes 15:16-25

Kenapa dunia membenci orang benar? Pasti ada penyebabnya, ada alasannya. Bila Anda salah satu dari orang benar itu, Anda perlu mengetahui kenapa hal tersebut terjadi. Yang pasti karena dunia tidak mengenal Juruselamat yang sesungguhnya. Penguasa dunia yang dimotori kuasa iblis yang gelap ini tidak pernah suka, bila orang-orang yang dipilih Allah mendapat anugerah keselamat (Ay.16-17). Bila lebih diperinci, inilah beberapa alasan kenapa mereka dibenci.

Pertama-tama, karena orang benar itu beriman kepada Yesus yang sangat dibenci oleh dunia! Kenapa dunia membenci Yesus? Yang pasti adalah ini. Karena Yesus bukan dari dunia ini. Bukan berasal dari kegelapan. Tetapi dari atas, dari terang. Sebab itu Yesus tidak pernah kompromi dengan dosa! Setiap kemunafikan dunia ini ditelanjangiNya. Segala bentuk usaha dunia yang menghalalkan segala cara blak-blakan ditegorNya! Segala bentuk ketamakan, kesombongan, ketidakadilan, serta sikap ketidakperdulian kepada sesama manusia, terang-terangan ditelanjangiNya. Karena itu dunia sangat membenciNya. Karena memang terang tidak akan pernah menyatu dengan kegelapan!

Kedua, karena orang benar itu dipilih oleh Allah sendiri. Dibenarkan, dikasihi, dibaharui, serta dipersiapkan untuk suatu tujuan yang mulia yang berakhir pada kemuliaan sorga, sedangkan orang-orang dunia tidak! Orang benar itu konsisten, setia, tulus, dan pemurah. Bahkan mungkin pengorbannya luar biasa bagi orang lain, bagi dunia dan masyarakatnya, sedangkan orang dunia tidak! Karenanya dunia yang gelap tidak pernah suka itu terjadi. Mereka adalah alat kaki tangan setan, biang kejahatan dan akan berakhir pada kebinasaan. Karenanya tidak heran, bila dunia membenci mereka (Ay.18).

Ketiga, orang benar itu memiliki perbendaharaan kebaikan yang tak pernah habis-habisnya. Orang benar bisa berlaku demikian, karena mereka beriman kepada Yesus sebagai sumber kebenaran. Meneladani hidup Yesus. Melaksanakan perintah Yesus! Dan siapa pun yang mau sungguh-sungguh menjadi muridNya juga pasti dibenci. Orang dunia yang gelap ini merasa terganggu dengan kebaikan orang benar. Orang dunia penuh iri hati, orang benar tidak! Orang dunia bila dizolimi akan membalas dengan kejahatan sedangkan orang benar tidak!

Apakah anda orang benar? Orang benar memiliki kelimpahan kebaikan yang tak habis-habisnya dalam dirinya. Dia tidak membalas kejahatan dengan kejahatan, karena dia selalu mampu mentranspormasikan kebaikan Allah di dalam Kristus yang telah menyatu dalam dirinya. Mereka telah diisi dengan nilai-nilai, standar-standar dan tujuan yang sangat bertentangan dengan cara-cara yang tidak benar dari masyarakat yang bobrok, tetapi selalu berdasarkan patokan dan selalu mengarah pada "perkara yang di atas, bukan yang di bumi" (Bdk. Kol 3:2).

Apakah Anda orang benar? Teguhkanlah imanmu, karena dunia selalu membencimu. Tetaplah berbuat kebaikan, tidak membalas kejahatan dengan kejahatan. Orang benar lebih rela menderita karena kebenaran, dari pada berbahagia berujung kebinasaan! Charles Haddon Spurgeon pernah mengatakan: “The world is not your friend. If you are, then you are not God’s friend, for he who is the friend of the world is the enemy of God” (Dunia bukanlah sahabatmu. Jika dunia adalah sahabatmu, maka engkau bukanlah sahabat Allah, karena ia yang adalah sahabat dunia adalah musuh Allah). Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar