Renungan GKE

Selasa, 26 November 2013

MENJADI BERKAT BAGI BANYAK ORANG



Kejadian 47:1-12

Pernahkan kita berfikir, kenapa Allah menempatkan Yakub dan keluarganya harus ke Mesir, ke negeri asing, negeri orang lain? Bukankah Allah itu Maha Kuasa, dan dapat saja ia memberikan pertolongan ketika mereka kesulitan di Kanaan, tanpa harus repot-repot pergi ke Mesir? Tentu ada maksudnya. Ada maknanya! Apa yang dapat kita pelajari dari nas ini bagi hidup kita selaku orang percaya?

Pertama, kita hidup bersama orang lain, makhluk sosial. Kita tidak mungkin hidup sendiri, dan bukan untuk diri sendiri. Ketika masa kesulitan pun berkat Tuhan tidak langsung turun dari langit, tetapi juga melewati perantaraan orang lain juga. Karena itu, janganlah kita meremehkan arti orang lain. Semakin banyak kita kenal baik dengan orang-orang, itu artinya semakin banyak pula kemungkinan pintu-pintu berkat kita dapatkan.

Kedua, orang percaya diutus ke dalam dunia, hadir di tengah-tengah dunia. Bukan hadir mengawang-awang antara langit dan bumi. Tetapi sungguh hadir di bumi, beraktivitas di bumi. Ya, di bumi duniawi yang berhadapan dengan berbagai macam aspek keperluan serta kepentingan sebagai syarat hidup di dunia. Bukan hanya keperluan dan kepentingan sorgawi semata. Hanya ada prinsifnya, kita ada di dunia, tetapi cara hidup kita harus mencerminkan cara hidup sorga!

Ketiga, orang percaya diutus ke dalam dunia tidak lain lain dan tidak bukan untuk menjadi berkat bagi semua orang. Ketika Yakub bertemu dengan Firaun, maka Yakub memohonkan berkat bagi Firaun, hal ini mempunyai beberapa pengertian, yaitu : Yakub menyapa Firaun, dengan menyatakan berkat, dengan mengucapkan segala hal yang baik. Yakub berdoa untuk memberkati Firaun, dan hal itu menunjukkan bahwa Yakub secara posisi memang dibawah Firaun sebagai penguasa Mesir, tapi secara rohani, Yakub berada di atas Firaun, karena dia adalah Pangeran Allah (Israel) Jadilah umat Tuhan yang rindu akan berkat Allah, tapi juga yang dengan sukacita membagi berkat bagi sesama. AMIN!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar