Renungan GKE

Jumat, 20 Juli 2012

BERJUANGLAH SELAGI ADA WAKTU


Lukas 13:23-30

Nas ini berisi ajaran moral dari Tuhan Yesus yang begitu keras atas pertanyaan para pendengarnya tentang jumlah orang yang akan diselamatkan.Yesus memberikan jawaban dengan menyingkapkan urgensi waktu. Pintu sempit menyebabkan orang harus berjuang dan berdesak-desakan dengan orang lain untuk memasukinya. Jawaban Yesus sangat mengejutkan, tidak seperti yang dibayangkan oleh para pendengarnya. Betapa tidak, sebab banyak kejutan akan terjadi. Orang yang menyangka akan masuk ke Kerajaan Allah justru ditolak, sedangkan orang-orang yang mereka cap kafir tetapi memiliki Yesus akan menikmatinya bersama dengan para orang saleh Perjanjian Lama (ayat 28-30).

Tuhan Yesus menyatakan bahwa untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga bukanlah suatu hal yang mudah, butuh suatu perjuangan! Tidak jarang ada orang yang beranggapan bahwa setelah ia menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi dan menerima anugerah keselamatan, ia bisa hidup dengan bebas merdeka. Akibatnya banyak yang menyalahgunakan kebebasan atas anugerah keselamatan yang telah diterima itu dengan hidup semaunya sendiri, toh nanti pasti selamat (pikirnya).

Kita seringkali mengira bahwa dengan melakukan banyak pelayanan Gerejawi, atau mendengarkan khotbah tiap hari Minggu, atau mengikuti PA di gereja, sudah membawa kita pada hubungan pribadi dengan Yesus. Itu adalah 'gede rasa' rohani dan tidak cukup membawa kita kepada keselamatan kekal. Kita perlu menerima Yesus secara pribadi dan dibarengi dengan pembaharuan hidup menjadi hidup yang baru serta menjalin hubungan pribadi dengan-Nya agar kita semakin mengenal kehendak-Nya. Ingat, hidup kekristenan kita menjadi sia-sia bila tidak ada usaha untuk mengisi keselamatan yang telah diberikan Tuhan selama hidup di dunia ini.

Mengenal Kristus secara pribadi dan benar bukanlah perkara mudah. Kadar pengenalan kita terhadap Dia akan menentukan tindakan dan sikap kita terhadap-Nya. Kita diingatkan bahwa ada suatu yang harus dilakukan oleh orang percaya yaitu harus terus berjuang mengerjakan keselamatan tersebut. Kata ‘berjuang’ mengindikasikan suatu kegiatan yang secara terus menerus harus diupayakan dan dikerjakan tanpa kenal lelah. Kesempatan untuk mendapatkan keselamatan jugatidak selalu ada, dan kita juga tidak mengetahui kapan kesempatan itu berakhir. Jangan menunda-nunda mengambil keputusan. AMIN! *(KU).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar