Renungan GKE

Minggu, 22 Juli 2012

KUASA TUHAN SUNGGUH LUAR BIASA


Keluaran 14:15-31

Pembebasan bangsa Israel dari tanah Mesir menyatakan kuasa dan kebesaran Tuhan dalam kemuliaan dan kehendak-Nya. Tidak hanya Tuhan menghukum orang Mesir dengan menenggelamkannya ke laut Teberau, lebih dari itu, Tuhan menunjukkan kasih-Nya kepada umat Israel dengan memberikan pembebasan kepada mereka (ay.30). Penyeberangan Laut Merah (Kel. 13:18-14:31) terjadi karena tindakan ajaib yang langsung dari Allah (ay.21). Para penulis Alkitab memakai peristiwa ini untuk mengingatkan umat Allah akan kuasa dan kebesaran-Nya (Yos.24:6-7; Mzm.1067-8; Yes.51:15; Yer.31:35; Nah.1:3-4).

Pembebasan bangsa Israel melalui Laut Merah juga menetapkan janji Allah, "Tuhan akan berperang untuk kamu" (ay.4). Allah memiliki kehendak dan rencana-Nya bagi setiap orang percaya. Rencana dan kehendak-Nya itu sangat baik bagi setiap orang percaya, dan selalu bermuara pada damai sejahtera. Allah memanggil dan menetapkan setiap orang percaya untuk menjadi alat dan saksi-Nya sesuai dengan karunia dan talenta masing-masing. Tidak ada kekuatan dan kekuasaan lain di dunia ini yang dapat menggagalkan kehendak dan rencana Allah untuk mendatangkan keselamatan bagi setiap orang percaya.

Allah melalui kuasa kebesaran-Nya dapat menggagalkan setiap rancangan dan perbuatan jahat yang dilakukan oleh si jahat. Karena itu, tidak ada perkara yang terlalu berat untuk dapat ditanggung oleh setiap orang percaya. Allah sanggup memberikan kekuatan dan jalan keluar untuk menyelesaikan setiap masalah yang dialami. Misi penyelamatan  Allah dilakukan-Nya dengan sempurna.

Misi penyelamatan Allah itu terus berlanjut, baik bagi perorangan, keluarga, gereja, dan bagi masyarakat secara luas. Kehidupan kita berharga di mata Allah, Ia merancangkan segala sesuatu dalam hidup kita menuju kebahagiaan, berkat dan keselamatan. Kesulitan, penderitaan, serta tantangan yang dihadapi bukanlah menjadi penghalang bagi rencana Tuhan yang indah bagi kita. Hiduplah selalu dalam rencana Tuhan yang indah, janganlah menjadi kerdil karena segala tantangan kehidupan yang dihadapi, karena kuasa Tuhan sungguh luar biasa! Amin. *(KU).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar